INDAHNYA JADI MARBOT MASJID



Ini pengalaman ane waktu masih kuliah dulu gan. Jadi ceritanya dulu itu ane dari awai sampai wisuda tinggal di masjid jadi marbot. Itu kurang lebih selama hampir 5 tahunan. Dan ada banyak sekali cerita menarik di balik kehidupan seorang mahasiswa. Yuk kita lihaat :
1.      Bisa bangun pagi.

Seorang marbot harus bangun cepat buat jadi imam sholat subuh. Dengan begini, kita bisa lebih tenang mempersiapkan aktivitas harian.  Dan bahkan agan tidak perlu khawatir bakal telat masuk kuliah. Kecuali sesuatu yang lain terjadi, misalnya agan tidur lagi habis subuh…
2.      Solat bisa lebih teratur.


Namanya tinggal di masjid tentu secara nggak langsung mengharuskan kita untuk solat lebih teratur dan tepat waktu.
3.      Belajar pidato.


Biasanya kan kalau di masjid ada kegiatan ceramah, apalagi kalau bulan puasa kayak gini. Suatu ketika ustadz yang ngasih ceramahnya nggak datang, nah saat itulah kita tampil menggantikan. Memang awal-awalnya sudah, tapi lama-lama bisa terbiasa.
4.      Belajar hidup bermasyarakat.


Pengalaman ane, kalau mau aman tinggal di masjid, maka kita harus pintar-pintar bergaul dengan masyarakat sekitar. Itung-itung memperbanyak jaringan silaturrahmi lah. Ini nanti berguna kalau kita nanti balik lagi ke kampung halaman, supaya nggak canggung lagi.
5.      Belajar jujur.


Godaan terbesar kalau kita tinggal di masjid itu adalah adanya kotak infak masjid. Kalau mau jahat sih gan, kapan aja bisa tu diambil uangnya. Tapi ane saranin, jangan coba-coba deh kalau nggak mau kualat. Jadi disini kita belajar jujur supaya nggak ngambil itu uang infak.
6.      Ketemu jodoh.

Nggak sedikit lo gan marbot masjid yang dijadiin menantu sama masyarakat sekitar. Ini sih juga bergantung nasib sih. Kalau hoki, nggak perlu jauh-jauh cari jodoh.
Belajar hidup rapi.
Ini adalah di antara tugas pokok dan kewajiban seorang marbot masjid. Membersihkan dan merapikan masjid supaya orang nyaman sholat jamaahnya. 
7.      Dapat uang saku.



Nah terakhir ini yang paling asik nih. Tiap bulan bakal dapat uang saku dari pengurus masjidnya. Lumayan kan buat ongkos pulang balik ke kampus. Biasanya tu ya, rezeki marbot masjid itu paling lancar di bulan puasa kayak gini…
Itu dia gan cerita indah kalau jadi marbot masjid. Tapi walaupun begitu, tetap saja kuliahnya nggak boleh tinggal gara-gara ngurus masjid. Pintar-pintar kita aja lah mengatur waktu antara kuliah dan kesibukan di masjid. 
Sekian agan-agan,,,
Semoga bermanfaat

Comments

Popular Posts